PENGGALIAN ENDAPAN SEBAGAI UPAYA MENGEMBALIKAN FUNGSI JARINGAN IRIGASI

Pelaksanaan penggalian endapan merupakan suatu usaha dalam pengambilan endapan tanah maupun lumpur yang berada didalam saluran irigasi. Salah satu dampak yang diakibatkan dengan adanya endapan adalah  terhambatnya distribusi air irigasi ke petak-petak sawah.

Dampak lain yang muncul akibat banyaknya endapan yaitu pertama, rumput dan tanaman liar sangat mudah tumbuh di sepanjang saluran. Hal ini semakin mengurangi kinerja saluran irigasi, karena tanaman liar akan menghambat aliran air irigasi.

Kedua, jadwal tanam lebih lama. Hal ini akibat penuhnya saluran oleh endapan, sehingga air irigasi yang dialirkan tidak dapat diberikan secara maksimal sesuai dengan kebutuhan dan menyebabkan waktu pemberian air lebih lama.

Ketiga, timbulnya konflik sosial. Konflik sosial dapat terjadi antar petani dan antar petani dengan Petugas O & P Jaringan Irigasi. Hal ini akibat perebutan air atau distribusi air yang terhambat.

Selain penggalian endapan, ada beberapa upaya agar kondisi jaringan irigasi dapat berfungsi secara baik dan maksimal dalam pelayanan irigasi, antara lain pembersihan/parasan rumput dan tanaman liar disepanajang saluran irigasi, perbaikan saluran, perbaikan bangunan dan perbaikan pintu irigasi.

Secara garis besar, apabila pemeliharaan rutin, pemeliharaan berkala dan pemeliharaan darurat jaringan irigasi dapat dilaksanakan dengan baik, maka jaringan irigasi dapat berfungsi sebagaimana yang diharapkan oleh masyarakat petani dan memperpanjang usia layanan jaringan irigasi

Cikasda | UPT PSDA Wilayah I I Kegiatan OP I Dimas Budi Santoso

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *