TAHAP PERTAMA REALISASI PENDISTRIBUSIAN BANTUAN CEGAH STUNTING DI 4 (EMPAT) DESA DI KECAMATAN PIPIKORO, KABUPATEN SIGI

CIKASDA NEWS – Pemerintah Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air Prov.Sulteng menyalurkan bantuan cegah stunting gelombang pertama di empat Desa di Kecamatan Pipikoro, Kabupaten Sigi yaitu; Desa Mamu, Desa Mahapi, Desa Porelea, dan Desa Towu Tanijaya, Dalam rangka Percepatan Penurunan Stunting dan Penanggulangan Kemiskinan. Realisasi Pendistribusian bantuan ini dilaksnakan pada hari senin-selasa tanggal 26-27 Februari 2024 yang didistribusikan langsung oleh tim Pemerintah Dinas CIKASDA Prov Sulteng dan berkoordinasi antara pegawai internal Dinas CIKASDA bersama Dinas PU Kabupaten Sigi sebagai penghubung dengan Kepala Desa dan penerima bantuan.

Adapun rangkaian bantuan yang diberikan oleh pihak Dinas CIKASDA yaitu pemenuhan protein hewani bagi KK yang mengalami masalah stunting berupa 1.000 daging rendang kaleng serta serta penyaluran vitamin, susu dan suplemen bagi ibu hamil dan ibu menyusui. Bantuan tersebut diberikan langsung oleh Tim Dinas CIKASDA kepada seluruh sasaran penerima bantuan yang bertempatkan di tiap-tiap balai Desa. Pada kegiatan tersebut, seluruh penerima bantuan yang terdaftar dikumpulkan oleh pemerintah Desa untuk menerima langsung bantuan yang diberikan agar bantuan tersebut dapat tepat sasaran.

Pemerintah Kab. Sigi menuturkan “Stunting masih menjadi permasalahan kesehatan yang dihadapi oleh pemeritnah, dimana pertumbuhan anak masih banyak yang tidak sesuai demgan usianya. Oleh karenanya, hal tersebut sudah semestinya menjadi perhatian kita bersama terutama pada setiap keluarga, kita harus memenuhi kebutuhan gizi untuk ibu dan anak serta memerhatikan apakah anak kita tumbuh dengan baik dilihat dari tinggi badannya, apakah anak terlalu kurus atau terlalu gemuk.”

Dalam penyaluran bantuan di empat Desa tersebut, perwakilan dari tiap Tim Dinas CIKASDA turut berpesan kepada pemerintah Desa dan penerima bantuan “Bantuan ini kami harapkan dapat bermanfaat bagi seluruh KK yang telah terdaftar. Kedepannya, kami akan memantau perkembangan hasil dari bantuan ini apakah telah berdampak terhadap pencegahan stunting di 3 bulan ke depan. Bantuan ini masih akan berlanjut ke tahap kedua dan ketiga untuk melihat hasil maksimal yang kita targetkan dan harapkan.” Ujar perwakilan Tim CIKASDA.

Tidak hanya membawa makanan tambahan dan vitamin untuk anak-anak yang beresiko stunting, Tim CIKASDA juga memberikan penjelasan kepada orangtua tentang pentingnya peran mereka dalam pencegahan stunting, dimana pemberian asupan makanan bergizi seimbang serta memastikan kebersihan lingkungan dan kebiasaan hidup sehat dalam keluarga sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan anak. Bantuan dan edukasi ini diharapkan dapat menurunkan angka stunting di Provinsi Sulawesi Tengah khususnya Kabupaten Sigi serta meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya gizi dan pola hidup sehat.



TIM-PPID/CIKASDA/2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *