BIMBINGAN TEKNIS PENGELOLAAN ASET DAN KINERJA SISTEM IRIGASI (e-PAKSI) TAHUN 2023

CIKASDA NEWS – Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air Provinsi Sulawesi Tengah melalui Bidang Irigasi dan Rawa melaksanakan bimbingan teknis aplikasi pengelolaan aset dan kinerja sistem irigasi (e-PAKSI). Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bidang Irigasi dan Rawa, Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air, Ibu Susi Andayani, ST., M.Si dan dihadiri oleh peserta dari Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air Provinsi Sulawesi Tengah, maupun Dinas PUPR Kabupaten / Kota. 

Narasumber pada kegiatan ini adalah bapak Joni Ismanto ST, dari Balai Wilayah Sungai Sulawesi III, dengan materi berupa pengenalan aplikasi e-PAKSI, pengelolaan asset irigasi, penilaian kinerja sistem irigasi, dan pencetakan laporan IKSI. Kegiatan PAKSI ini sudah mencapai tahap yang lebih baik karena saat ini sudah menggunakan Aplikasi e-PAKSI sehingga lebih mudah atau userfriendly data yang diinput real maka dari itu dengan e-PAKSI dapat tercipta pengelolaan irigasi yang berkelanjutan dan banyak manfaatnya sehingga strategi penganan aset irigasi yang menjadi kewenangan masing-masing pengampu dapat dioptimalkan.

Dalam kegiatan bimbingan teknis pengelolaan aset dan kinerja sistem irigasi (e-PAKSI), peserta kegiatan tidak hanya diajarkan mengenai teori saja, tetapi langsung melaksanakan praktek lapangan di Daerah Irigasi Paneki, kabupaten Sigi. Dengan adanya bimbingan teknis dan juga praktek lapangan tersebut diharapkan adanyan peningkatan kapasitas kemampuan dalam pelaksanaan pengelolaan aset irigasi (PAI), dan penilaian indeks kinerja sistem irigasi.

IRWA/TIM-PPID/CIKASDA/2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *