RAPAT EVALUASI PENYERAPAN REALISASI ANGGARAN CIKASDA STATUS 01 NOVEMBER TAHUN 2023

CIKASDA NEWS – Palu / 07/ 11/ 2023 Rapat Laporan Evaluasi Penyerapan Realisasi Anggaran Tahun 2023 bertempat di lantai 2 Ruang Rapat Kepala Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air (CIKASDA) Provnsi Sulawesi Tengah. Rapat evaluasi ini beragendakan tentang pembahasan penyerapan realisasi anggaran Dinas CIKASDA yang telah dilaksanakan hingga akhir bulan Oktober Tahun 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh eselon 3, eselon 4 serta Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) di lingkup Dinas CIKASDA.

Dalam rapat tersebut, Dr. Andi Ruly Djanggola, SE., M.Si selaku Kepala Dinas CIKASDA memimpin Rapat dan menjelaskan: ”Saat ini posisi kita sudah berada di bulan November, jadi saya berharap realisasi kegiatan harus dilaksanakan lebih ekstra. Perlu strategis dalam percepatan dalam pelaksanaan fisik, yaitu dengan menambah tenaga bagi pelaksanaan di lapangan dan menerapkan sistem shift agar pekerjaan mencapai target.”

Terhitung hingga progres bulan November 2023, realisasi terendah Dinas CIKASDA berada pada Bidang Penataan Lingkungan dan Bangunan Gedung (PLBG) untuk realisasi keuangan 20,84 % dengan realisasi fisik 22,11%. Hal tersebut dikarenakan kegiatan pembangunan Masjid Raya yang di Kelola oleh bidang PLBG masih belum memasuki tahap pelaksanaan kontruksi fisik. Sedangkan untuk posisi tertinggi berada di Bidang Sekretariat dengan realisasi keuangan sebesar 66, 28 % dengan realisasi fisik78,46%. Karena dalam sekretariat dipenyerapan dana APBD hampir semua dana terealisaikan.

Sebagai bentuk upaya mengatasi kendala yang di hadapi maka dilakukan efektivitas pekerjaan pelaporan di lapangan berupa pembagian tim dan shift kerja. Oleh karenanya tidak lagi ada hari libur, semua hari digunakan bekerja.

Pada  rapat tersebut, Kepala Dinas CIKASDA Dr. Andi Ruly Djanggola, SE., M.Si menambahkan informasi terkait Penyusunan Rancangan Perpres Program Proyek Strategis Nasional (PSN),

untuk itu maka dihimbau agar Kepala-Kepala Bidang untuk membuat usulan program pembangunan masing-masing 5 usulan per-bidang terutama program pembangunan yang diutamakan pada infrastruktur yang mendukung IKN. Andi Ruly kemudian lanjut membahas hal-hal dalam penyusunan APBD tahun 2024 yang berfokus pada pelayanan Air Minum dan Sanitasi yang merupakan pelayanan umum yang mejadi syarat mutlak penyusunan APBD Tahun 2024 dengan total alokasi anggaran sebesar 5% dari APBD dan merupakan syarat prioritas dan program reguler dalam menunjang indikator utama Dinas CIKASDA. Oleh karena itu, Bidang Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Pemukiman (AMPLP) sebagai Bidang yang menangani layanan ini dituntut untuk mempersiapkan banyak program yang berhubungan dengan Air Minum dan Sanitasi.

Berdasarkan laporan-laporan yang disampaikan oleh Kepala Bidang maupun para Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) dalam rapat EPRA Tahun 2023 tersebut, ada beberapa hal yang menjadi faktor belum terealisasikannya penyerapan anggaran secara menyeluruh, beberapa diantaranya yaitu pelaksanaan fisik yang masih menunggu realisasi anggaran pada APBD perubahan Tahun 2023. Oleh karena itu, terdapat paket-paket konstruksi yang harus tertunda ataupun pindah lokasi. Selain itu, keterlambatan pekerjaan di lapangan juga disebabkan oleh faktor eksternal yaitu cuaca ekstrim dan musim kemarau yang berkepanjangan.

Di akhir kegiatan rapat EPRA Dr. Andi Ruly Djanggola, SE., M.Si selaku Kepala Dinas CIKASDA berharap penyerapan anggaran tahun 2023 segera terealisasikan secara menyeluruh. Selain itu, seluruh pihak yang terlibat dalam percepatan ini diharapkan untuk dapat melakukan manajemen waktu dengan sebaik-baiknya.

Sekretariat/ TIM-PPID/CIKASDA 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *