Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Wujudkan Pemimpin Yang Kreatif dan Inovatif

Palu, 12 Agustus 2023 – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Sulawesi Tengah telah selesai menggelar Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) angkatan VIII Tahun 2023 dari tanggal 15 April s.d. 12 Agustus 2023 Tahun 2023. PKP ini dilakukan melalui proses Blended Learning yaitu campuran pembelajaran klasikal dan non klasikal, pembelajaran klasikal biasanya dilakukan secara langsung dan tatap muka sedangkan non klasikal bisa dalam bentuk e-learning maupun mentoring atau bimbingan ditempat kerja.

Dalam Peraturan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Lembaga Administragi Negara Nomor 15 Tahun 2019 tentang Pelatihan Kepemimpinan Pengawas yang selanjutnya disingkat PKP adalah pelatihan struktural kepemimpinan pengawas sebagaimana diatur dalam peraturan pemerintah yang mengatur mengenai manajemen pegawai negeri sipil.

Melalui diklat Pendidikan dan Pelatihan PKP, Redna Hartaty, ST., M.P.W.P selaku Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan Permukiman Dinas CIKASDA berkesempatan mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan VIII Tahun 2023. Tahapan yang diikuti dalam PKP terdiri dari dua tahapan, yaitu self learning (pembelajaran mandiri) dan e-learning (zoom meeting). Selain itu juga ada beberapa tahap klasikal yang di ikuti, meliputi: klasikal tahap I (studi seminar Rancangan Aksi Perubahan), dan yang terakhir klasikal tahap II (seminar aksi perubahan) yang dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus 2023.

Pada Seminar Aksi Perubahan yang diikuti, Redna Hartaty, ST., M.P.W.P masuk dalam peringkat 2 terbaik dari 39 peserta Provinsi Sulawesi Tengah dengan judul Aksi Perubahan “Penyusunan Data Base Infrastruktur Penyehatan Lingkungan di Kawasan Schistosomiasis (Demam Keong) Berbasis Digital”. Atas pemcapaiannya, Redna Hartaty, ST., M.P.W.P menyampaikan rasa terimakasih dan syukurnya kepada seluruh pihak-pihak terkait yang membantu menyukseskan gagasan aksi perubahan yang Ia usulkan.

“Saya berterimakasih kepada Bapak Dr. Andy Ruly Djanggola, SE., M.Si selaku kepala Dinas CIKASDA dan Ibu Surya Fibrianti, ST,. MM selaku Kepala Bidang Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Pemukiman sebagai mentor pada aksi perubahan yang telah saya lakukan, terimakasih atas dukungan arahan dan masukannya, serta terimakasih kepada staf PLP, tim kreatif, dan stakeholder yang sudah membantu atas terlaksananya aksi perubahan ini.” Ujarnya

Pelatihan Kepemimpinan Pengawas ini memiliki tujuan untuk mengembangkan kompetensi peserta dalam rangka memenuhi standar kompetensi manajerial pengawas, dimana hasil akhir dari proses pelatihan ini yakni bagaimana seorang leader memiliki kompetensi dalam melaksanakan tugas jabatannya.  Melalui pelatihan ini, diharapkan sosok-sosok pemimpin di lingkup Dinas CIKASDA dapat berkinerja dengan memiliki kemampuan pengendalian pelayanan publik yang inovatif, kolaboratif dan mengoptimalkan seluruh potensi sumber daya internal dan eksternal serta mampu mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

Cikasda | PKP Ang.VIII 2023 I Tim PPID

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *