PLT. KEPALA DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG PROVINSI KALIMANTAN SELATAN MENYAMBUT KUNJUNGAN KERJA DINAS DIPTA KARYA DAN SUMBER DAYA AIR PROVINSI SULAWESI TENGAH DI BANJARBARU

Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air Provinsi Sulawesi Tengah, yang diwakili oleh Kepala Bidang Penataan Lingkungan dan Bangunan Gedung (PLBG), Ibu Herawaty Buna, ST.,MT melakukan kunjungan kerja di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Selatan yang bertempat di wilayah Banjarbaru pada hari Selasa 23 Agustus 2022. Kunjungan kerja tersebut merupakan  salah satu agenda yang telah direncanakan untuk mendukung pelaksanaan kegiatan Restorasi dan Rehabilitasi Bangunan Cagar Budaya Banua Oge Souraja. Provinsi Kalimantan Selatan menjadi pilihan tujuan kunjungan tentunya dengan pertimbangan dan alasan teknis. Hasil identifikasi dalam pelaksanaan restorasi souraja ditemukan persamaan struktur bangunan serta bahan material bangunan yang mirip digunakan pada bangunan adat Banjar.

Plt. Dinas PUPR Provinsi Kalimantan Selatan, menyambut dan menerima kunjungan kerja Dinas Cipta
Karya dan Sumber Daya Air Provinsi Sulawesi Tengah.
.

Permasalahan struktur bangunan Souraja perlu penanganan dan metode pelaksanaan yang tepat, mengingat bangunan Banua Oge Souraja merupakan salah satu bangunan bersejarah yang berstatus Cagar Budaya di Provinsi Sulawesi Tengah. Tentunya kami perlu memperoleh informasi maupun kajian yang tepat dalam menangani bangunan yang menggunaan struktur kayu ulin dan Bangunan khas Kalimantan Selatan terkenal dengan Bangunan Struktur Kayu Ulin yang mampu bertahan dalam waktu yang lama.” ungkap Muhammad Yasser, ST.,M.Eng selaku PPTK Penetapan dan Penyelenggaraan Bangunan Gedung yang turut mendampingi Kabid PLBG berkunjung di Banjarbaru.

Perlu kita Ketahui, kayu Ulin (Eusideroxylon zwageri) adalah salah satu kayu yang terkenal dan terkuat di habitatnya hutan Kalimantan. Ada berbagai nama daerah untuk Ulin, antara lain bulian, bulian rambai, onglen (Sumatera Selatan), belian, tabulin, telian, tulian dan ulin (Kalimantan) (Abdurachman, 2011). Kayu Ulin juga menjadi Struktur utama pada bangunan Souraja yang telah dibangun sejak tahun 1883.

Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Selatan, Ir. Ahmad Solhan, ST.,MT menyambut baik kehadiran perwakilan Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air Provinsi Sulawesi Tengah atas kunjungan kerja di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan. Diharapkan dalam kunjungan ini, pihaknya mampu memberikan informasi maupun pengalaman dalam menangani bangunan struktur kayu Ulin yang pernah dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Hal menarik terjadi pada saat pertemuan dinas yang dilaksanakan di ruang rapat kantor Dinas PUPR Provinsi Kalimantan selatan, dimana perwakilan Dinas Cipta Karya  dan Sumber Daya Air Provinsi sulawesi Tengah diminta menyampaikan pengalaman dalam penanganan bangunan struktur tahan gempa serta penerapan standar SNI kegempaan dalam dokumen perencanaan pembangunan. Hal ini dikarenakan bahwa Dinas Cipta Karya dan sumber Daya Air Provinsi Sulawesi Tengah mampu menjalankan pembangunan bangunan gedung pasca bencana Gempa Bumi yang terjadi diwilayah terdampak pada tahun 2018.

Selain itu, Dinas Cipta Karya dan sumber Daya Air Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan kunjungan ke Bangunan Cagar Budaya yang berada di Provinsi Kalimantan Selatan, Seperti Rumah Adat Banjar Gajah Baliku, Rumah Adat Bubungan Tinggi serta Masjid Bersejarah Sultan Suriansyah dan Museum Wasaka di Banjarmasin.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *