KUNJUNGAN KERJA KOMISI III DPRD KABUPATEN POSO KE DINAS CIKASDA PROVINSI SULAWESI TENGAH

CIKASDA NEWS – Selasa, 28 Mei 2024 bertempat di Lantai 1 Aula Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air Provinsi Sulawesi Tengah Jl. Prof. Dr. Mohammad Yamin, SH No. 33 Palu, telah dilaksanakan kegiatan kunjungan kerja dalam rangka mendiskusikan program dan kegiatan pekerjaan Dinas Cipta karya dan Sumber Daya Air Provinsi Sulawesi tengah yang berada di Kabupaten Poso pada tahun 2024. Hadir dalam kegiatan ini Ketua Komisi III DPRD Kab. Poso Beserta Rombongan tim Komisi III Kab. Poso dan eselon III, eselon IV serta pejabat Fungsional di lingkup Dinas CIKASDA.

Sekretaris Dinas CIKASDA St. Buhafiah, B.,ST, M.Si Mewakili Kepala Dinas CIKASDA menyampaikan sambutannya “Terima Kasih Atas kunjungan Pimpinan dan Anggota Komisi 3 DPRD Kab. Poso, kunjungan kerja kali ini membahas pekerjaan yang telah dilaksanakan Dinas CIKASDA dan semoga hal ini menjadi awal sinergitas dari kedua belah pihak sehingga terus terjalin untuk  kelancaran program Pemerintah Provinsi dan pemerintah Kabupaten Poso itu sendiri”

Selanjutnya, sambutan Ketua Komisi III DPRD Kab. Poso yang menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas respon OPD CIKASDA untuk menfasilitasi kunjungan kerja tersebut, “Kedatangan kami dari poso sebagai bentuk tanggungjawab moral kepada masyarakat Poso, yang telah dilaksanakan program dan kegiatan oleh Dinas CIKASDA di Kabupaten Poso”

Dalam kegiatan kunjungan kerja tersebut, terdapat beberapa hal yang menjadi pembahasan, salah satunya yaitu permasalahan-permasalahan pekerjaan Dinas CIKASDA yang ada Kabupaten Poso.

 Kepala UPT PSDA Wil. 2 Suwardi menanggapi hal ini ia mengatakan “saat ini kami sudah mulai pelaksanaan belanja bahan pembangunan Suplesi Bendung Mao. Namun, ada sedikit hambatan terkait pembebasan lahan yang dilakukan dalam perencanaan pembangunan ini. Suplesi Bendung Mao ini secara operasional nantinya bisa mengairi sekitar 500 ha apabila berhasil dibangun.”

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Poso mengatakan “masalah pembebasan lahan menjadi catatan penting bagi kita semua khususnya Komisi III dan Badan Anggaran. Kita akan mengawal dan memastikan soal pembebasan lahan ini tidak menjadi hambatan, kami akan perjuangkan agar pembebasan lahan dapat tersedia dalam APBD Perubahan.”

Selain perencanaan Suplesi Bendung Mao, tahun ini juga akan dilakukan perencanaan secara komperhensif terkait Perbaikan Bendung Puna Kiri. Hal tersebut telah dilakukan secara bertahap mulai dari kunjungan Kepala Dinas CIKASDA bersama rombongan Pemerintah Kabupaten Poso dalam melihat langsung kondisi Bendung Puna Kiri dan Sosialisasi mengenai Pembangunan Suplesi Bendung Mao yang direncanakan untuk memenuhi suplai air irigasi Puna Kiri dan diharapkan dapat memberikan manfaat signifikan bagi masyarakat tani di wilayah Poso Pesisir dan Poso Pesisir Selatan.

Kepala Dinas yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Dinas CIKASDA menyampaikan harapannya yakni semoga perencanaan Suplesi Bendung Mao dan Perbaikan Bendung Puna Kiri bisa berjalan dengan lancar dengan dukungan dan kerja sama dari seluruh sektor baik dari Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten Poso dan DPRD Kabupaten Poso.

TIM PPID/CIKASDA/2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *