RAPAT LANJUTAN PROGRAM SIAP GENCAR AMAN STUNTING TAHUN 2024, TAHAP PERTAMA SEGERA DILAKSANAKAN

CIKASDA NEWS – Dalam rangka Percepatan Penurunan Stunting dan Penanggulangan Kemiskinan Berbasis Perangkat Daerah Prov. Sulteng di Kab. Sigi, Kepala Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air Provinsi Sulawesi Tengah bersama  para Eselon III, Eselon IV, Penjabat Fungsional, dan Staf Dinas melaksanakan rapat lanjutan program ‘Siap Gencar Aman Stunting Tahun 2024’ di Aula Lantai 1 Dinas CIKASDA pada hari Senin (19/02/24). Rapat lanjutan ini membahas mengenai koordinasi penyaluran bantuan di 4 (empat) Desa di Kecamatan Pipikoro, Kabupaten Sigi yang terindentifikasi masalah stunting, antara lain: Desa Mamu, Desa Mahapi, Desa Porelea, dan Desa Towu Tanijaya.

Pelaksanaan pendistribusian bantuan dilaksanakan melalui koordinasi antara pegawai internal Dinas CIKASDA bersama Dinas PU Kabupaten Sigi sebagai penghubung dengan Kepala Desa dan penerima bantuan. Pendistribusian ini dilaksanakan mulai dari tanggal 26-27 Februari 2024 dengan sasaran terhadap anak stunting, Ibu hamil dan Ibu menyusui. Adapun paket-paket bantuan tersebut berisikan susu prenagen dan vitamin bagi Ibu hamil dan Ibu menyusui, serta 1200 kaleng rendang dan daging sebagai pemenuhan protein hewani untuk anak-anak stunting.

Dr. Andi Ruly Djanggola, SE., M.Si selaku Kepala Dinas CIKASDA menyampaikan dalam arahannya: “Setibanya di lokasi, perwakilan dari Dinas CIKASDA nantinya akan bertemu dengan Kepala Desa dan warga penerima bantuan untuk menyampaikan amanat, instruksi dan bantuan secara langung ke tangan penerima bantuan. Hal ini agar manfaat penyaluran bantuan dapat tepat sasaran dan kita dapat mempertanggungjawabkannya.”

Selain pemberian paket bantuan secara langsung kepada target penerima bantuan, acara tersebut dirangkaingan dengan pengambilan data ‘Pemantauan Keluarga Berisiko Stunting’ yang dilakukan oleh kader kesehatan posyandu melalui pengisian kuesioner dan didampingi oleh Pegawai Dinas CIKASDA. Pendataan tersebut dilakukan guna memverifikasi apakah data saat ini telah sesuai dengan kondisi lapangan, dan data tersebut juga sebagai acuan dalam pelaksanaan penyaluran bantuan periode selanjutnya.

“Saya minta agar koordinasi kita baik dari lingkup internal hingga eksternal kantor dapat segera rampung.  Saya juga berharap kita bisa mencegah terjadinya kericuhan dan semoga penyaluran bantuan ini dapat dirasakan manfaatnya oleh keluarga-keluarga yang diintervensi.” Ujar Dr. Andi Ruly Djanggola, SE., M.Si selaku Kepala Dinas CIKASDA.

 

TIM-PPID/CIKASDA/2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *