SIDANG DEWAN SUMBER DAYA AIR PROVINSI SULAWESI TENGAH 2023

CIKASDA NEWS – Keberadaan Dewan Sumber Daya Air Provinsi Sulawesi Tengah diakui masih sangat minim kegiatan dan rekomendasi sejak ditetapkannya Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2019 tentang Sumber Daya Air dimana keberadaan Dewan Sumber Daya Air masih perlu diatur Kembali dalam regulasi turunannya yang lebih rinci. Kejelasan keberlanjutan Dewan Sumber Daya Air, akhirnya bisa Kembali eksis setelah diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 53 Tahun 2022 tentang Dewan Sumber Daya Air Nasional. Atas dasar itu Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah lewat OPD Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air Provinsi Sulawesi Tengah berusaha mengaktifkan kembali Dewan Sumber Daya Air Provinsi Sulteng lewat Sidang-sidang yang natinya menhasilkan rekomendasi ke pimpinan daerah dalam pengambilan kebijakan berdasarkan isu-isu pengelolaan sumber daya air yang terjadi di Sulawesi Tengah.

(Kepala Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air Dr. Andi Ruly Djanggola,SE., M.Si Membuka Sidang)

Dewan Sumber Daya Air Provinsi (DSDAP) Sulteng adalah wadah koordinasi pengelolaan sumber daya air yang dilakukan oleh lembaga nonstruktural yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Gubernur yang berkedudukan di Sulawesi Tengah. Salah satu fungsi Dewan SDAP menyelenggarakan koordinasi dan sinkronisasi dalam pemberian pertimbangan dan rekomendasi penanganan isu strategis bidang SDA. Sidang DSDAP Sulteng tahun ini dilaksanakan pada tanggal 21 November 2023 di Hotel Jazz dengan membahas isu “Sinkronisasi Program SDA dalam Rangka Mengantisipasi Perubahan Iklim Terhadap Ketahanan Pangan di Sulawesi Tengah”.

Sebelum melakukan pembahasan isu-isu strategis, Sidang DSDAP Sulteng diawali dahulu dengan pemamparan materi dari Bappeda Provinsi Sulawesi Tengah dengan judul materi Kebijakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah Dalam Rangka Mengantisipasi Perubahan Iklim Dalam

Mendukung Ketahanan Pangan yang  dibawakaan oleh Wazir, SP dan BMKG dengan judul materi Update Kondisi Iklim Indonesia : Perkembangan El Nino di Sulawesi Tengah dan Indian Ocean Dipole+ yang dibawakan oleh Nur Alim, S.Si sebagai pengantar diskusi Sidang. Materi-materi yang disajikan oleh kedua nara sumber memberikan informasi kepada anggota DSDAP Sulteng dalam berdsikusi terkait isu-isu strategis yang dibahas dalam sidang.

(Pemaparan Materi dan Suasana Sidang Dewan Sumber Daya Air Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2023)

Isu-isu strategis yang berkembang dalam sidang diklasifikasikan kedalam kelompok yaitu : Isu Ketahanan Pangan, Isu Ketahanan Energi, Isu Kesehatan karena kualitas menurunnya air, dan Kebencanaan/Pengendalian Daya Rusak Air. Disamping isu-isu strategis juga dibahas strategi penanganan dari isu-isu strategis ke dalam rekomendasi teknis yang disepakati oleh anggota DSDAP Sulteng, yang nantinya akan disampaikan kepada Pimpinan  Daerah.

Rekomendasi Teknis Sidang DSDAP Sulteng Tahun 2023 menghasilkan beberapa butir kesepahaman antara lain : Pembuatan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk mengatasi kekeringan, melakukan normalisasi sungai pada sungai-sungai yang langganan banjir, penyebaran informasi klimatologi sebagi upaya mitigasi bencana, penyesuaian pola dan tata tanam pertanian, pemberdayaan masyarakat dan pengembangan sistem informasi terkait pengelolaan SDA, serta upaya-upaya lainnya yang dituangkan dalam rekomendasi teknik DSDAP Sulteng. (terlampir)

Selain Rekomendasi Teknis, Sidang DSDAP Sulteng juga memberikan catatan kepada sekretariat agar mengusulkan kuantitas pelaksanaan sidang dapat ditingkatkan menjadi 4 (empat) kali bersidang dalam satu tahun. Dan diharapkan SK DSDAP Sulteng bisa di perbaharui mengingat komposisi anggota DSDA perlu disesuaikan berdasarkan acuan dari Perpres Nomor 53 tahun 2022 Tentang Dewan Sumber Daya Air Nasional.

SPDAB/TIM-PPID/CIKASDA 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *