Sosialisasi Monev Layanan Informasi dan Komunikasi Publik (LIKP) Tahun 2023

Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air Provinsi Sulawesi Tengah turut menghadiri kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Prov. Sulteng Bidang Informasi dan Komunikasi Publik dalam rangka menindaklanjuti tahapan pelaksana Monev Layanan Informasi dan Komunikasi Publik (LIKP) Tahun 2023. Kegiatan tersebut berlangsung di ruang rapat Diskominfo Provinsi Sulteng, pada hari Kamis (12/07/2023).

Agenda sosialisasi Monev Layanan Informasi dan Komunikasi Publik (LIKP) Tahun 2023 dimulai dari bimbingan pengisian quesioner dari tanggal 11-20 Juli 2023, evaluasi tanggal 21-28 Juli 2023, dilanjutkan dengan pendampingan 10-28 Juli 2023, dan untuk laporan akhir tanggal 31 Juli 2023

Hasim S.Kom,. M.Si selaku Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik membuka Bimtek tersebut dan menyampaikan beberapa hal salah satunya mengenai evaluasi website PPID Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Sulteng. Terkait pemeringkatan badan publik, beliau mengatakan ada beberapa OPD yang mendapatkan penilaian tidak informatif sehingga perlu perbaikan agar kedepannya bisa mendapatkan nilai yang bagus.

Terdapat beberapa penilaian dalam layanan informasi dan komunikasi publik di lingkungan Provinsi Sulawesi Tengah yaitu Publikasi Informasi Publik Melalui Web PPID Utama Provinsi, Publikasi Informasi Publik Melalui Web Resmi OPD, dan Dukungan Penyelesaian Aduan Masyarakat Melalui Aplikasi Lapor, serta Penyelesaian Aduan Aplikasi Lapor.

Keterbukaan Informasi Publik bukan sekadar perubahan untuk mendapatkan selembar kertas yang menyatakan kategori informatif, melainkan merupakan jantung tata kelola pemerintahan yang baik dan demokratis. Maka diharapkan, dari penyelenggaraan kegiatan sosialisasi Monev Layanan Informasi dan Komunikasi Publik (LIKP) Tahun 2023 ini, dapat tercapainya keterbukaan informasi publik sebagai bentuk konsolidasi demokrasi secara substantif.

Hadir dalam sosialisasi ini, PPID pelaksana dari Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, Dinas Kehutanan, Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Kependudukan dan Pencatat Sipil, Dinas Kesehatan, Dinas Kebudayaan, danDinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah.

Cikasda | LKIP | Tim PPID

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *