PERESMIAN KANTOR PENGAMAT DAERAH IRIGASI MAOTI

Hari Selasa tanggal 12 Oktober 2021, Ir. Abdul Razak, MT, Kepala Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air Provinsi Sulawesi Tengah meresmikan Kantor Pengamat Daerah Irigasi Maoti yang berada di Kabupaten Parigi Moutong. Dengan tetap mengacu pada aturan protokol kesehatan dimasa pandemi Covid19, jalannya peresmian kantor ini berlangsung secara baik dan lancar.

Acara peresmian ini juga dihadiri oleh Sekretaris Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air Provinsi Sulawesi Tengah, Kepala Bidang Irigasi dan Rawa, Kepala UPT PSDA Wilayah I, Kepala UPT SPAM, Kepala Seksi Perencanaan SPDAB, Kepala Seksi Perencanaan Teknis SPAM dan PLP, Kepala Seksi O&P UPT PSDA Wilayah I, Pengamat Daerah Irigasi Dolago dan Pengamat Daerah Irigasi Torue, selain itu diundang pula Camat Parigi Selatan, Kepala Desa Nambaru, Kepala Desa Masari, Kepala Sumber Sari, Kepala Desa Tindaki, Babinsa, Polres Parigi Moutong, Ketua GP3A Merta Jaya, Ketua GP3A Mustika Padi, Ketua GP3A Daya Guna dan perwakilan masyarakat petani. Dalam acara tersebut diperkenalkan pula Pengamat Daerah Irigasi Maoti yaitu Raka Suprayogi dan para Petugas O & P.

Gedung kantor ini dibangun secara bertahap pada tahun 2019 dan 2020 dengan menggunakan Dana APBD Murni.

Selepas pemotongan pita, dilanjutkan dengan peninjauan di dalam gedung untuk meninjau fasilitas yang ada. Pembangunan gedung ini tidak lepas dari tuntutan pemenuhan kebutuhan Operasi dan Pemeliharaan dan untuk semakin meningkatkan pelayanan irigasi terhadap masyarakat petani.

Acara dilanjutkan dengan peninjauan Bendung Maoti yang berjarak tidak jauh dari lokasi acara peresmian. Dalam kunjungan tersebut Bapak Kepala Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air Provinsi Sulawesi Tengah melihat secara langsung kondisi hulu sungai yang telah mengalami perubahan arah sehingga arus sungai menghantam tanggul pengaman bendung sebelah kiri dan sangat mengancam kondisi bendung. Dalam kunjungan tersebut Kepala Dinas juga menyampaikan beberapa strategi untuk penanganan permasalahan ini.

Semoga dengan adanya peresmian Kantor Pengamat Daerah Irigasi Maoti dan kunjungan di Bendung Maoti dapat menambah semangat dalam bekerja dan memberikan angin segar dalam penanganan permasalahan irigasi.

(KontributorCikasda by: Dimas Budi Santoso)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *