UPT PSDA WILAYAH I DINAS CIPTA KARYA DAN SUMBER DAYA AIR PROVINSI SULAWESI TENGAH GELAR PEMILIHAN KEPALA PENGAMAT PENGAIRAN DAERAH IRIGASI ONGKA ATAS

Kamis 9 September 2021, UPT PSDA Wilayah I Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air Provinsi Sulawesi Tengah menggelar acara Pemilihan Kepala Pengamat Pengiran Daerah Irigasi Ongka Atas bertempat di Kantor Pengamat Pengairan Daerah Irigasi Ongka Atas Kabupaten Parigi Moutong. Acara tersebut dibuka oleh Kepala UPT PSDA Wilayah I Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air Provinsi Sulawes Tengah, Diyah Puspa Kirana, ST, MPW.   Dalam sambutannya beliau menjelaskan bahwa pemilihan ini dilaksanakan untuk mendapatkan Kepala Pengamat guna mengganti Kepala Pengamat lama yaitu Bapak Juwito yang telah memasuki masa purna bakti, beliau juga menyampaikan bahwa saat sekarang ini pemilihan Kepala Pengamat tidak seperti dulu yaitu dengan cara ditunjuk secara langsung tapi dilakukan dengan cara seleksi. Dengan cara seperti ini semua Petugas O & P baik ASN maupun PHL mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi seorang Kepala Pengamat Pengairan.

Tugas pokok dan fungsi Kepala Pengamat Pengairan menurut Peraturan Menteri PUPR No. 12/PRT/M/2015 tentang Eksploitasi dan Pemeliharaan Jaringan Irigasi adalah :

  1. Melaksanakan rapat bulanan tentang permasalahan Operasi dan Pemeliharaan yang dihadiri oleh para Petugas O & P (Juru Pengairan, POB, PPA dan Staf Pengamat) dan P3A/GP3A/IP3A.
  2. Menghadiri rapat dikecamatan dan dinas/pengelola irigasi.
  3. Membina P3A/GP3A/IP3A.
  4. Membantu proses pengajuan anggaran pemeliharaan yang diajukan oleh P3A/GP3A/IP3A.
  5. Membuat laporan ke dinas.

Pemilihan Kepala Pengamat Pengairan ini diikuti oleh 2 (dua) orang peserta yaitu Bp. Ony Pristiwahono dan Bp. Marsidin, ST yang berasal dari Staf Kantor Pengamat Pengairan DI. Ongka Atas dan Staf Kantor Pengamat Pengairan DI. Mepanga Hilir/Malino. Pemilihan ini dilaksanakan dengan cara setiap peserta melakukan paparan (powerpoint) tentang program kerja dan visi misi mereka apabila terpilih dan kemudian akan dilakukan sesi tanya jawab tentang program kerja dan visi misi serta pengetahuan seputar irigasi oleh Tim Penilai. Bertindak sebagai Tim Penilai adalah Diyah Puspa Kirana, ST, MPW (Kepala UPT PSDA Wilayah I), Moh. Ridsan Lede, ST (Kepala Seksi O & P UPT PSDA Wilayah I) dan Ngaripin, SE, ST (Kepala Pengamat Pengairan DI. Gumbasa – Kewenangan Pusat). Tim Penilai membagi bobot penilaian menjadi tiga bagian, yaitu perkenalan (20%), paparan (40%) dan tanya jawab (40%).

   

Kegiatan ini dilaksanakan menggunakan anggaran yang bersumber dari APBD dengan mengalokasikan dana untuk biaya konsumsi untuk 30 (tiga puluh) orang dan perjalanan dinas untuk Tim Penilai dan Panitia Pelaksana sebanyak 5 (lima) orang.

Dengan adanya pemilihan ini diharapkan akan mendapatkan Kepala Pengamat Pengairan yang sesuai dengan kualifikasi dan benar-benar paham serta mengerti tugas pokok dan fungsinya agar Daerah Irigasi Ongka Atas semakin maju dan berkembang.

(KontributorCikasda by: Dimas Budi Santoso)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *