KUNJUNGAN KERJA WAKIL GUBERNUR SULAWESI TENGAH DALAM RANGKA PEMERIKSAAN PEKERJAAN PEMBANGUNAN SPAM DI KABUPATEN BANGGAI KEPULAUAN TAHUN 2022

Pemerintah Sulawesi Tengah melalui Dinas Cipta Karya Dan Sumber Daya Air telah berupaya meningkatkan akses air minum bagi seluruh masyarakat melalui Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum  (SPAM) jaringan pipa termasuk di Kabupaten Banggai Kepulauan dan Daerah-daerah lain yang krisis air.  Di Kabupaten Banggai Kepulauan ada 4 (empat) Pekerjaan pembangunan SPAM yaitu Desa Koyobunga, Desa Lukpanenteng, Desa Lelang Matamaling dan Desa Kambani. Ada 2 (Dua) desa yang telah selesai pekerjaan pembangunan SPAM yaitu Desa Koyobunga Kecamatan Bulagi Utara dan Desa Lelang Matamaling Kecamatan Buko Selatan.

Saat ini SPAM Koyobunga dan Lelang Matamaling sudah dapat dimanfaatkan walaupun belum semua tersalurkan namun diupayakan dalam waktu dekat ini suplai air bersih bisa di nikmati oleh masyarakat.

Peresmian SPAM  ini  di tandai dengan pemutaran tuas katup air  oleh Wakil Gubernur  Sulteng Drs. H. Ma’mun Amir yang di dampingi oleh Pj. Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir, Kepala Biro Pembanguan, Plt. Kalak BPBD Sulteng, Kabid Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Perrmukiman (AMPLP) Dinas CIpta Karya Dan Sumber Daya Air Sulteng Surya Fibrianti, ST., MM serta pejabat terkait (12/12/202).

 

Kabid Air Minum Dan Penyehatan Lingkungan Permukiman (AMPLP)  Dinas CIKASDA Sulteng menjelaskan bahwa pembangunan baru SPAM jaringan perpipaan kapasitas 11,75 L/detik setara 1.468 Sambungan Rumah (SR), yang terpasang 52 SR di Desa Koyobunga sehingga masih tersedia 1,416 Sambungan Rumah (SR) yang dapat di kembangkan ditahun berikutnya yang meliputi beberapa wilayah pengembangan yaitu Desa Sambulangan, Desa Bangunemo, Desa Bakalinga, Desa Koyobunga dan Desa Sabang  Kecamatan Bulagi Utara. Kemudian untuk  Desa Lelang Matamaling pembangunan baru SPAM jaringan perpipaan kapasitas 1,90 L/detik setara 250 Sambungan Rumah  (SR)  dengan jumlah yang terpasang 80 SR sehingga masih tersedia 170 SR yang dapat ditambah ditahun berikutnya di Desa Lelang Matamaling Kecamatan Buko Selatan.

Bupati Bangkep Ikhsan Basir mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah karena telah memberikan banyak bantuan melalui dana APBD Provinsi, baik Dana Infrastruktur Air Bersih maupun Infrastruktur lainnya.Dalam sambutannya Wakil Gubernur Sulawesi Tengah berharap krisis air minum di Kab. Banggai kepulauan (Bangkep) dapat diatasi khususnya di Desa Koyobunga, Desa Lukpanenteng, Desa Lelang Matamaling dan Desa Kambani. Beliau meminta SPAM ini dapat di kelola secara profesional oleh PDAM Bangkep dan masyarakat  sehingga dalam jangka panjang dapat terus memenuhi kebutuhan air minum yang merupakan kebutuhan dasar sekaligus menurunkan angka stunting dan akhirnya dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Wagub juga berharap kepada masyarakat agar fasilitas yang telah dibangun tersebut dapat di pelihara dengan baik.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *