Sejarah Singkat

Sejarah singkat Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air Provinsi Sulawesi Tengah bermula dari penggabungan Dua bidang yang bermula dari tiga Dinas besar yang masing – masing berdiri diantaranya Bina marga , Cipta Karya, Perumahan dan Sumber Daya Air. Yang pada akhirnya di keluarkanlah SK gubernur no. 13 tahun 2013 tentang tata cara pelayanan terpadu 1 pintu dalam hal ini kami khusus kan pada Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air Provinsi Sulawesi Tengah. Yang kita kenal dengan sebutan CIKASDA yang saat ini di nahkodai oleh Kadis kita Ir.Abd.Razak,MT .

Dalam hal ini dengan dibentuknya cikasda, kami memiliki payung hukum yang jelas yang dalam mengimplementasikan kerja ke PU-an kami mencoba melakukan terobosan nyata baik pembangunan infrastruktur, dalam hal ini untuk melaksanakan program pemerintah dalam hal percepatan sarana ke PU-an. Kami juga memberikan informasi lewat website kami sebagai informasi publik yang dapat di akses tentang ke cipta karyaan dan sumber daya air yang selalu memberikan/menayangkan info-info terbaru yang wilayah kerja nya mencapai kabupaten-kabupaten Sesulawesi Tengah.

Cikasda memiliki ruang lingkup kerjanya sendiri-sendiri yang terbagi atas :
Sekretariat, Penataan Lingkungan dan Bangunan Gedung (PLBG), Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Pemukiman (AMPLP), Irigasi dan Rawa (IRWA), Sungai Pantai Danau dan Air Baku (SPDAB) dan 3 Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Sumber Daya Air (UPT PSDA) Wilayah 1, Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Sumber Daya Air (UPT PSDA) Wilayah 2 serta Unit Pelaksana Teknis Sistem Pengelolaan Air Minum (UPT SPAM) yang kesemuanya merupakan bentukan dari Dinas PU terdahulu yang di harapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sulawesi Tengah pada umumnya.