PROGRAM PEKARYA SALURAN SERAP 123 TENAGA KERJA UNTUK PEMBERSIHAN SALURAN IRIGASI

Kegiatan Operasi dan Pemeliharaan Jaringan Irigasi UPT PSDA Wilayah I Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air Provinsi Sulawesi Tengah pada tahun 2021 melaksanakan program pemeliharaan rutin pembersihan saluran (parasan) dengan cara merekrut tenaga pekarya saluran. Kegiatan ini akan dilaksanaan sebanyak 5 (lima) tahap pelaksanaan yaitu pada bulan Agustus, September, Oktober, November dan Desember.

Selain untuk menjaga kondisi kebersihan saluran irigasi, kegiatan ini diharapkan mampu membantu mempercepat pemulihan ekonomi dan meningkatkan daya beli masyarakat dimasa pandemi covid-19 ini.

Pembersihan saluran ini ditargetkan sepanjang 246 Km tersebar di  15 (lima belas) daerah irigasi pada 5 (lima) kabupaten, yaitu :

  1. Kabupaten Sigi : DI. Paneki dan DI. Kekeloe
  2. Kabupaten Donggala: DI. Malonas
  3. Kabupaten Tolitoli: DI. Malomba Ogowele, DI. Kolondom dan DI.  Tendelalos
  4. Kabupaten Buol: DI. Air Terang
  5. Kabupaten Parigi Moutong: DI. Ongka Atas, DI. Malino, DI. Mepanga Hilir, DI. Tada, DI. Kasimbar, DI. Dolago, DI. Maoti dan DI. Torue

Pelaksanaan pembersihan saluran ini selain mendapatkan honorarium, para Pekarya Saluran juga menerima BBM dan dimasukan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Kegiatan ini bersumber dari APBD Murni dengan alokasi anggaran sebesar Rp. 993.225.000,- ( Sembilan ratus sembilan puluh tiga juta dua ratus dua puluh lima ribu rupiah ) untuk Tahun Anggaran 2021 dan kami berharap akan meningkat pada tahun-tahun berikutnya, misalnya dapat dilaksanakan sebanyak 12 tahap, sehingga kondisi saluran irigasi selalu bersih sepanjang tahun agar dapat memberikan pelayanan air irigasi kepada petani secara maksimal.

 

Pada saat sekarang ini pelaksanaan pemeliharaan rutin pembersihan saluran yang dilaksanakan oleh Pekarya Saluran telah memasuki tahap ke 2 pada bulan september 2021.

 

 

 

 

(KontributorCikasda by: Dimas Budi Santoso)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *