WAWANCARA BERSAMA DISKOMINFO PROVINSI SULAWESI TENGAH MENGENAI PERINGATAN HARI AIR SEDUNIA TAHUN 2023

Plt. Kepala Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air Provinsi Sulawesi Tengah melakukan wawancara Bersama Perwakilan Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (DISKOMINFO) Provinsi Sulawesi Tengah seputar persiapan dan selebrasi dalam menyambut Hari Air Sedunia Tahun 2023. Sesi wawancara dilakukan pada hari Senin tanggal 13 Maret 2023 melalui via Zoom Meeting yang bertempatkan di Ruang Kerja Kepala Dinas CIKASDA Provinsi Sulawesi Tengah.

Dr. Andi Ruly Djanggola, SE., M.Si selaku Plt. Kepla Dinas CIKASDA menjelaskan bahwa Tema perayaan Hari Air Sedunia Tahun 2023 adalah “Mempercepat Perubahan Dalam Mengatasi Krisis Air dan sanitasi”. Tema tersebut memiliki makna yaitu seluruh pihak harus bergandeng tangan bersama Pemerintah dalam membuat perubahan, dengan cara merubah cara kita menggunakan, mengkonsumsi dan mengelola air dalam kehidupan kita.

Peringatan Hari Air Sedunia merupakan momentum yang dianggap sebagai pengingat bagi seluruh masyarakat termasuk masyarakat Sulawesi Tengah dalam menjaga kelestarian air sebagai salah satu kebutuhan pokok manusia. Hingga saat ini, ketersediaan air di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah ternilai masih surplus, dimana perbandingan antara ketersediaan sumber daya air dan pemanfaatan untuk kebutuhan manusia, pertanian dan industri dinilai masih seimbang.

Meski demikian, potensi krisis air dapat terjadi apabila terjadi konflik kepentingan terhadap pemanfaatan sumber daya air jika masyarakat tidak bisa menjaga dan mengelola sumber daya air dengan baik. Selain itu, dikarenakan Provinsi Sulawesi Tengah merupakan daerah dengan pertumbuhan industri yang tinggi, maka kebutuhan terhadap air juga akan terus meningkat. Oleh karena itu, perlu adanya kesadaran diri yang dilaksanakan secara terus-menerus bagi masyarakat yang dalam hal ini diwujudkan oleh Dinas CIKASDA melalui Peringatan Hari Air Sedunia.

Dalam menyambut Hari Air Sedunia, ada beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas CIKASDA, beberapa diantaranya yaitu: Lomba Futsal, Lomba Tenis Meja, dan Lomba Gaplek yang bertujuan untuk membangun solidaritas antar seluruh Pegawai di lingkungan Dinas CIKASDA. Selain itu, beberapa kegiatan lainnya juga turut melibatkan masyarakat luas khususnya anak-anak sekolah dalam berbagai kegiatan lomba seperti lomba bercerita (Story Telling) dan lomba mewarnai tingkat Sekolah Dasar se-Kota Palu. Kegiatan ini bertujuan

sebagai bentuk kampanye publik terhadap kepedulian Sumber Daya Air khususnya bagi anak-anak di usia dini.

Puncak dari perayaan Hari Air Sedunia Tahun 2023 akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 18 Maret 2023 dengan diadakannya Jalan Santai (Fun Walk), Zumba, Pasar UMKM, dan Pelayanan SPT Pajak Tahunan yang melibatkan seluruh Instansi ke PU-an yang berkantor di wilayah Kota Palu. Kegiatan selebrasi Ini juga bertujuan untuk membangun solidaritas insan PU baik Instansi Vertikal maupun daerah, agar bisa bersama-sama mengembangkan program terintegrasi dalam mengatasi berbagai masalah ke PU-an di Sulawesi Tengah.

Dr. Andi Ruly Djanggola, SE., M.Si. Sebagai Plt. Kepla Dinas CIKASDA mengungkapkan: “Dalam penyelenggaraan Hari Air Sedunia Tahun 2023 ini, kami tidak sendiri tapi juga disupport oleh banyak pihak, baik instansi Pemerintah lainnya seperti Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Tengah, maupun pihak swasta yang juga ikut mensponsori kegiatan ini.”

Selain itu, Dr. Andi Ruly Djanggola, SE., M.Si juga menjelaskan tentang tujuan dan esensi dari pelaksanaan perayaan Hari Air Sedunia Tahun 2023 sebagai berikut: “Pada prinsipnya dengan adanya Peringatan Hari Air Sedunia ini, kita ingin mengkampanyekan dan membangun kepedulian seluruh pihak/stakeholders terhadap Sumber Daya Air kita. Selain itu, kita juga ingin seluruh pihak mengambil peran dalam melakukan perubahan, terutama merubah cara kita menggunakan dan mengelola sumber daya air kita.” Ucap Plt. Kepala Dinas CIKASDA Provinsi Sulawesi Tengah.

| Dinas CIKASDA | Tim PPID |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *